Sabtu, 01 September 2012

karier dan pengembangan karier


Menurut Bernadin dan Russel (1998), secara tradisional karier telah dideskripsikan sebagai satu sekuensi posisi yang dipegang seseorang dalam suatu pekerjaan. Kemudian oleh Greenhaus diberikan penekanan pada “pentingnya” yaitu menguatkan bahwa karier merupakan pola pengalaman yang berkaitan dengan pekerjaan. Sedangkan Perencanaan karier merupakan proses yang berkelanjutan dimana seoranng individu merancang sasaran karier dan mengidentifikasi semua sarana dan prasarana untuk mencapainya. Menurut Mondy dan Noe (1996) juga karier individual maupun organisasional bukanlah sesuatu yang terpisah atau berbeda. Contohnya adalah jika organisasi tidak mampu untuk melakukan perencanaan karier yang telah dirancang oleh seorang individu, maka akan menyebabkan individu tersebut pergi meninggalkan organisasi, yang jelas akan berdampak pada penurunan produktivitas organisasi yang bersangkutan. Maka dari itu organisasi haruslah membantu karyawannya dalam perencanaan kariernya. Sehingga karyawan dan organisasi dapat terpenuhi kebutuhannya .
 
Seorang ahli bimbingan karier, John I.Holland (dalam Ivanchevich 1992) telah mengadakan studi dan mengemukakan bahwa pilihan karier adalah suatu ekspresi kepribadian dan bukan suatu kejadian yang bersifat random, meskipun kesempatan dapat memainkan peran. Dia juga percaya bahwa apa yg berhasil dilaksanakan oleh seseorang dan apa yang dihasilkan dari suatu karier tergantung pada kesesuaian antara kepribadian dengan lingkungan kerja mereka.

 
Menurut Byars dan Rue (1997), menyatakan bahwa ada empat langkah dasar yang harus diikuti agar implementasi program pengembangan karier dapat berhasil. Keempat langkah tersebut adalah:
1) Penilaian Individu , misalnya perusahaan membuat fomat penilaian  berupa tes psikologi, dengan memanfaatkan potensi SDM yang ada.
2) Penilaian Organisasi. Organisasi memiliki beberapa sumber informasi yang potensial yang dapat digunakan untuk menilai karyawannya.
3) Mengkomunikasikan pilihan karier . Posting dan advertensi lowongan pekerjaan salah satu aktivitas yang dapat membantu karyawan untuk mempertimbangkan pilihan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar