Kamis, 18 Oktober 2012

Sebelum terbang...



Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dan persiapkan sebelum terbang.

Bepergian dengan bayi menggunakan pesawat untuk kali pertama pasti akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.


Agar perjalanan tersebut menjadi perjalanan yang menyenangkan, ada beberapa hal yang harus Anda siapkan sebelum terbang.


Apa saja? Berikut uraiannya seperti dikutip
She Knows.

Menjaga Rutinitas

Cobalah untuk menjadwalkan keberangkatan perjalanan Anda tanpa mengganggu rutinitas waktu tidur bayi Anda. "Saya menyarankan untuk tidak mengganggu waktu tidur bayi Anda sebelum penerbangan. Bila Anda mengubah rutinitas tersebut justru akan  menjadi bumerang bagi anda," kata Daniel R Bronfin, MD, profesor pediatri klinis di Tulane Medical School, di New Orleans.

Waktu Penerbangan
Catharine Shanner, MD, FAAP, spesialis dokter anak, tidak menyarankan orangtua untuk memilih penerbangan yang penuh. Seringkali suasana ramai membuat bayi menjadi rewel. Untuk menghindari hal tersebut, konfirmasi jadwal penerbangan dengan maskapai untuk meminta tempat duduk khusus yang diperlukan.


"Beberapa maskapai penerbangan tidak menyediakan dan sering tanpa sekat kursi dekat pintu keluar darurat. Barisan bangku yang berada dekat pintu darurat tersebut biasanya dilarang bagi penumpang yang membawa bayi dan anak-anak," katanya. Jika Anda tidak mendapat kursi sekat, mintalah tempat yang tak terlalu berisik.


Susui Saat Lepas Landas dan Mendarat

Saat pesawat akan lepas landas atau mendarat, susui bayi Anda dengan botol susu untuk menghindari tekanan di telinga tengah yang menyakitkan.


Barang-barang yang Harus Dibawa

Ada beberapa hal yang harus diambil dalam perjalanan dengan bayi Anda. Selain koper untuk kebutuhan Anda sendiri, tas bayi berbentuk ransel juga perlu dibawa. Untuk barang-barang kebutuhan bayi yang perlu dibawa sebagai berikut:

1. Beberapa popok, baju ganti, kain pemberish, tisu dan krim  pencegahan ruam  selama perjalanan.

2. Wadah untuk menyimpan popok kotor, terutama jika Anda menggunakan popok kain.
3. Pembersih tangan untuk menjaga kebersihan tangan Anda dan bayi, mengingat akses air di pesawat terbatas.
4. Membawa tambahan botol dan dot susu.
5. Selimut bayi untuk menjaga kehangatan tubuh bayi. Selain itu juga untuk alasan privasi saat Anda menyusuinya.
6.  Tisu atau semprot disinfektan untuk membersihkan alas ketika Anda ingin meletakkan bayi Anda untuk keperluan apapun.
7. Sebotol air untuk Anda dan campuran susu bayi agar tidak dehidrasi. Mintalah air hangat kepada pramugari untuk memanaskan susu formula atau ASI.
8. Mangkuk dan sendok untuk makan bayi.
9. Beberapa mainan untuk menghibur bayi selama perjalanan.

Dengan membawa semua perbekalan tersebut, Anda dan buah hati tentu bisa menikmati perjalanan yang menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar