Kamis, 04 Oktober 2012

Karena badai pasti berlalu



Sangat sederhana memulainya, meski terkesan 'berat'. Tetapi hal ini amatlah penting untuk dilakukan agar anak-anak tumbuh menjadi pribadi yang bertanggungjawab, mandiri, dan memiliki kedisiplinan yang mereka pahami kemudian.Hal ini bisa dimulai dari mengajarkan mereka untuk merapikan dan menyimpan kembali bekas mainnya.

Mintalah pula agar mereka melakukannya tidak hanya di sekolah, tetapi juga di rumah masing-masing, atau jika sedang bermain di rumah temannya. Di sini anak diajarkan pula bertanggung jawab atas perbuatannya.

Buatlah peraturan yang argumentatif dan persuasif, hal ini karena anak-anak sering melanggar peraturan yang sudah ditetapkan. Misalnya untuk tidak mengobrol saat jam pelajaran. Di sinilah guru dituntut untuk bisa menjelaskan pelan -pelan tanpa emosi sehingga anak bisa menerima peraturan tersebut.

Termasuk juga setiap anak ingin melakukan sesuatu seperti keluar kelas atau meminjam barang, ajarilah kepada mereka untuk meminta izin terlebih dahulu. Hal ini sangat perlu untuk dilakukan agar anak-anak belajar untuk menghormati orang lain, juga terbiasa melakukan setiap aktifitasnya dengan izin kepada guru atau orang tua.

Adakala anak-anak melanggar peraturan, disini guru tidaklah perlu memberikan hukuman yang justru akan membuat anak tersakiti atau malu. Hindari hukuman yang bersifat fisik. Berikan hukuman yang lebih 'edukatif', seperti menulis atau membereskan buku.

Dan ingat! berikanlah hukuman yang bersifat mendidik dan membuat mereka jera , bukannya justru membuat anak takut sehingga malah menyimpan rasa dendam kepada gurunya.

Jelaskan tujuan 'sesungguhnya' hukuman tersebut setelah keadaan mereda, ini akan sangat mempengaruhi mental mereka untuk 'siap' menerima 'akibat' dari kesalahannya, yang tentunya jika berhasil akan tumbuh 'bibit' tanggung jawab dari jiwanya sendiri.

Sebagai penyempurna ikhtiar, senantiasa mendoakan mereka secara tulus dan konsisten, hadapilah anak-anak dengan 'keadaan' terbaik meski 'badai' tengah melanda kehidupan ini,, tetapi Bukankah "Badai Pasti Berlalu?"....

-jelang UTS : mencari mba"mood" yang berderai.. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar