Jumat, 21 September 2012

Tips Agar Buah Alpukat cepat matang

Alpukat merupakan salah satu buah paling bergizi. Nilai gizi alpukat amat berbeda antara saat belum matang (masak) dengan ketika sudah matang.
Namun begitu, alpukat yang dijual umumnya berada dalam kondisi belum matang. Lantas bagaimana membuat alpukat yang belum matang agar bisa segera dikonsumsi?
Berikut terdapat beberapa cara membuat alpukat yang Anda beli cepat matang:
 Supaya Alpukat Mentah Cepat Matang, Begini Caranya
1. Membungkus dalam kantong plastik.
Alpukat akan matang dalam waktu tiga sampai empat hari saat disimpan dalam kantong kertas pada suhu kamar. Ketika tidak menemukan kantong kertas, Anda bisa menggunakan kertas koran untuk membungkus buah tersebut.

2. Simpan alpukat berdekatan dengan buah lain yang sudah matang.
Untuk mempercepat pematangan, bungkus alpukat dalam kantong kertas bersamaan dengan buah lain seperti pisang, apel, atau tomat yang sudah matang. Gas etilen yang dilepaskan dari buah yang sudah matang akan mempercepat proses pematangan alpukat. Pastikan untuk menyimpan buah-buahan tersebut pada suhu kamar.

3. Membenamkannya dalam tepung.
Cara lain mempercepat pematangan alpukat adalah dengan menguburnya dalam tepung. Metode ini juga efektif mematangkan jenis buah-buahan lain.

4. Tempatkan di dekat jendela.
Agar alpukat siap dikonsumsi dalam waktu sekitar 2 hari, Anda dapat menempatkannya di jendela. Cara ini akan membuat alpukat lebih cepat matang daripada sekedar meletakkannya di dapur. Periksa kematangan alpukat dengan menekan buahnya. Jika warna telah berubah dan daging terasa lebih lembut, maka alpukat siap untuk dimakan.

5. Menggunakan microwave.
Alpukat bisa cepat matang dengan menggunakan bantuan microwave. Namun demikian, gunakan metode ini sebagai pilihan terakhir karena alpukat yang matang dengan bantuan microwave akan memiliki rasa berbeda.
Pertama, tusuk semua sisi buah alpukat menggunakan garpu. Alasi piring microwave dengan kain atau tisu sebelum meletakkan alpukat diatasnya.
Gunakan panas sedang dan atur waktu selama 30 detik. Periksa buah alpukat apakah sudah terasa lebih lembut.
Jika masih keras, ulngi proses ini selama 30 detik lagi. Ulangi terus jika diperlukan, sampai alpukat menjadi lunak.
Alpukat yang matang melalui microwave ideal digunakan untuk campuran resep makanan atau minuman, namun tidak untuk konsumsi langsung.
Jika dimakan langsung, alpukat yang matang melalui microwave tidak akan terasa segar.
Jika Anda ingin agar alpukat tidak cepat matang, simpan buah tersebut dalam lemari es. Alpukat yang disimpan dalam lemari es bisa bertahan hingga lebih dari seminggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar