Sabtu, 25 Agustus 2012

BEBERAPA MACAM HADITS


  1. Hadits Mutawwir = adalah hadits yang diriwayatkan oleh sejumlah perawi atau dengan sanad yang banyak , yang sangat mustahil(tidak mungkin) apabila perawi itu bersepakat untuk berdusta dalam pemberitaan atas hadits tersebut, sejak sanad yang pertama hingga sanad terakhir.

  2. Hadits Ahad = adalah hadits yang diriwayatkan oleh satu orang. Hadits ini belum mencapai derajat mutawwir.

  3. Hadits Shahih = adalah hadits yang diriwayatkan oleh perawi yang adil , hafalannya kuat, sanadnya sambung (tidak terputus), tidak bercacat, dan isinya tidak bertentangan dg AlQur'an.

  4. Hadits Hasan = adalah hadits yang sanadnya bersambung-sambungan sampai kepada Nabi Muhammad SAW. Diriwayatkan oleh orang-orang yang adil, hafalannya kuat, sederhana, tidak bercacat, tidak banyak berdusta, muslim dewasa, dan berakhlaq mulia.

  5. Hadits Dha'if = adalah hadits yang padanya tidak terkumpul syarat-syarat hadits shahih dan hadits hasan. Hadits ini adalah kebalikan dari hadits shahih dan Hasan, ini disebabkan oleh sanadnya yang terputus-putus (tidak bersambung kepada Rosulullah SAW sebagai sumber berita) atau ada cacat pada perawinya (misalnya banyak berdusta, bukan muslim, tidak kuat hafalannya, belum dewasa, berakhlaq buruk, serta isinya bertentangan dengan Al-Qur'an). 
  6. Hadits Masyhur = adalah hadits yang diriwayatkan oleh tiga perawi atau lebih dan tidak memenuhi syarat-syarat hadits mutawwir.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar